Kamis, 29 September 2011

Ringkasan Praktik Belajar PKN


PRAKTIK BELAJAR KEWARGANEGARAAN



Kami Bangsa…
INDONESIA


Dosen Pengampu:  Prof. DR. Abdul Gafur, M.Sc.


                                                            










DISUSUN OLEH:
Hartanti Widayani             (08401241014)




PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN HUKUM
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010
Langkah I
Mengidentifikasi Masalah Kebijakan Publik dalam Masyarakat

A.    Diskusi Kelas Berbagi Informasi tentang Masalah yang Ditemukan dalam Masyarakat
Untuk melakukan kegiatan ini seluruh anggota kelas hendaknya:
1.      Membaca dan mendiskusikan masalah-masaah yang ada dalam masyarakat;
2.      Buat kelompok yang terdiri dari 2-3 orang  untuk mendiskusikan satu masalah, kemudian masing-masing kelompok harus menjawab pertanyaan yang disediakan pada Format Identifikas dan Analisis Masalah;
3.      Diskusikan jawaban tiap-tiap kelompok dengan seluruh anggota kelas;
4.      Simpan hasil jawaban tersebut duntuk digunakan dalam pengembangan portofolio.
B.     Diskusi Kelompok
Diskusikan masalah yang telah di pilih dalam kelompok, kemudian ditulis pada Format Identifikas dan Analisis Masalah. Jika ingin meneliti masalah lain yang belum ditulis dalam daftar, maka bisa melakukan penelitian sendiri.
C.     Pekerjaan Rumah
Tugas-tugas pekerjaan rumah, antara lain:
1.      Tugas Wawancara
2.      Tugas Menggunakan Media Cetak
3.      Tugas Menggunakan Radio/TV

Langkah II
Memilih Masalah Sebagai Bahan Kajian Kelas dengan Suara Terbanyak

Langkah-Langkah Diskusi Kelas:
1.      Apabila sudah menganggap informasi yang dikumpulkan cukup untuk digunakan dalam mengambil keputusan, maka pemilihan masalah yang akan menjadi bahan kajian kelas harus dilakukan dengan musyawarah/mufakat atau dengan suara terbanyak.
2.      Jika masih membutuhkan informasi lagi untuk memilih masalah yang tepak untuk menjadi bahan kajian kelas, maka beberapa tugas pekerjaan rumah dapat diberikan lagi kepada kelompok yang berbeda untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.

Langkah III
Mengumpulkan Informasi Masalah yang akan dikaji

A.    Aktifitas Kelas Mengidentifikas Sumber-Sumber Informasi
Daftar sejumlah contoh sumber informasi yang dapat dikunjungi:
1.      Perpustakaan
Perpustakaan sekolah, umum dan universitas menyediakan surat kabar dan publikasi lainnya yang memuat informasi tentang masalah yang sedang diteliti.
2.      Kantor Surat Kabar
Kantor-kantor surat kabar dan para wartawan mungkin dapat memberikan kliping tentang masalah yang sedang dipelajari.
3.      Profesor dan Pakar
Profesor dan dosen di universitas yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti serta Guru SMP atau SMU yang ada disekitar dapat dijadikan sumber informasi.
4.      Ahli Hukum dan Hakim
Para ahli hukum memiliki perkumpulan pengacara yang memberikan pelayanan cuma-cuma bagi masyarakat, misal LBH, selain itu bisa juga menghubungi para hakim atau penasehat hukum.
5.      Organisasi Masyarakat
Organisasi masyarakat yang berkaitan dengan masalah yang sedang dipelajari.
6.      Kantor Legislatif dan Kantor Pemerintahan Daerah
Wakil rakyat yang duduk dalam lembaga legislatif dan kantor pemerintahan pusat dan daerah adalah pejabat yang bertanggung jawab mengidentifikasi masalah masyarakat.
7.      Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
LSM dapat membantu memberikan informasi bagi kajian masalah di kelas.
8.      Kantor Polisi
Salah satu tugas polisi adalah menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.
9.      Jaringan Informasi Elektronik
Sumber-sumber diatas juga dapat ditemukan melalui internet.
B.     Panduan Untuk Memperoleh dan Mendokumentasikan Informasi
1.      Kunjungi perpustakaan, kantor-kantor pemerintah/swasta dan tempat-tempat yang dianggap tepat untuk mendapatkan informasi.
2.      Dapatkan informasi melalui telepon.
3.      Surat-menyurat yang ditujkan kepada masing-masing kantor atau perorangan dengan tujuan untuk meminta beberapa informasi yang diperlukan.
C.     Pekerjaan Rumah Meneliti Maslah yang Muncul dalam Masyarakat
Setelah memutuskan sumber informasi, kelas dibagi menjadi beberapa tim. Masing-masing tim bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi dari beragam sumber.

Langkah IV
Mengembangkan Portofolio Kelas
A.    Spesifikasi Portofolio
Portofolio akan terbagi dalam dua bagian, yaitu:
1.      Bagian Tayangan
Bahan-bahan yang ditayangkan dapat meliputi pernyataan-pernyataan tertulis, daftar sumber-sumber informasi, peta, grafis, foto-foto, karya seni yang asli dan sebagainya.
2.      Bagian Dokumentasi
Bahan-bahan yang dimasukkan bagian dokumentasi harus mewakili hasil penelitian-penelitian terpenting yang pernah dilakukan. Tidak semua penelitian harus diikutsertakan. Bahan-bahan dimasukkan pada sebuah map (binder).
B.     Tugas Kelompok Portofolio
Kelompok Portofolio Satu: Menjelaskan Masalah. Kelompok Protofolio Dua: Menilai Kebijakan Alternatif yang Disarankan Untuk Memecahkan Masalah. Kelompok Portofolio Tiga: Mengembangkan Kebijakan Publik yang akan didukung oleh seluruh kelas. Kelompok Portofolio Empat: Mengembangkan suatu Rencana Tindakan agar Pemerintah Bersedia Meneria Kebijakan Kelas.
C.     Kriteria Penilaian Portofolio
Checklist Kriteria Portofolio yang akan membantu mengembangkan portofolio terbaik. Jika portofolio diikutsertakan dalam suatu kompetisi kelas yang lain, para juri akan memberikan dua bagian penilaian secara terpisah yaitu penilaian atas masing-masing bagian portofolio dan penilaian portofolio secara keseluruhan.
D.    Beberapa Petunjuk Bagi Kelompok Portofolio
Masing-masing kelompok hendaknya bekerjasama dalam memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan bahan-bahan apa saja yang akan dimasukkan dalam Bagian Tayangan dan Bagian Dokumentasi Portofolio.
Kelompok Protofolio Satu
Menjelaskan Masalah
Kelompok ini bertanggung jawab menjelaskan permasalah yang tercantum pada tampilan pertama dalam Bagian Tayangan dan Bagian Dokumentasi portofolio kelas.
A.    Bagian Tayangan Portofolio: Bagian Satu
1.      Rangkuman masalah secara tertulis.
Rangkuman masalah yang dipelajari dengan membuat pertanyaan-pertanyaan.
2.      Presentasi masalah dengan grafis.
Penyajian dapat meliputi peta, grafis, foto-foto, kartun-kartun politik, topik-topik utama surat kabar, tabel statistik dan ilustrasi lainnya.
3.      Identifikasi Sumber Informasi.
B.     Bagian Dokumentasi Portofolio: Bagian Satu
Pada bagian pertama map dokumentasi portofolio, dimasukkan semua informasi terbaik dan terpenting yang telah dikumpulkan dan digunakan dalam pengujian dan penelitian masalah. Isi dari Bagian Dokumentasi: halaman judul untuk masing-masing laporan dan dokumentasi, bahan-bahan dokumentasi dan laporan serta satu halaman rangkuman.
Kelompok Protofolio Dua
Mengkaji Kebijakan Alternatif untuk Menangani Masalah
Kelompok ini bertanggung jawab untuk menjelaskan masalah dan memberikan penilaian atas kebijakan yang digunakan saat ini atau kebijakan yang sedang/telah disusun untuk menangani masalah yang menjadi kajian kelas.
A.    Bagian Tayangan Portofolio: Bagian Dua
  1. Rangkuman tertulis tentang kebijakan alternatif.
Pilih dua atau tiga kebijakan yang diusulkan secara perorangan atau kelompok.
  1. Presentasi masalah dengan grafis.
Penyajian dapat meliputi peta, grafis, foto, kartun politik, topik-topik utama surat kabar, tabel statistik dan ilustrasi lainnya berkaitan dengan kebijakan yang diusulkan.
  1. Identifikasi Sumber Informasi.
B.     Bagian Dokumentasi Portofolio: Bagian Dua
Masukkan informasi terbaik yang telah dikumpulkan dan digunakan dalam pengujian dan penilaian kebijakan-kebijakan yang ada saat ini, serta kebijakan-kebijakan alternatif yang digunakan untuk menangani masalah yang akan menjadi kajian kelas pada bagian kedua map dokumentasi.
Kelompok Protofolio Tiga
Mengusulkan Kebijakan Alternatif untuk Menangani Masalah
Kelompok ini bertanggung jawab untuk mengusulkan kebijakan publik yang dapat digunakan untuk menangani masalah yang menjadi kajian kelas. Kebijakan tidak bertentangan UUD 45.
A.    Bagian Tayangan Portofolio: Bagian Tiga
1.      Penjelasan dan jastifikasi tertulis atas kebijakan yang diusulkan.
Menjelaskan alasan memilih dan mendukung kebijakan untuk ditayangkan.
2.      Presentasi grafis kebijakan yang diusulkan.
Penyajian berkaitan dengan kebijakan yang diusulkan untuk digunakan dalam memecahkan permasalahan yang menjadi bahan kajian kelas.
3.      Identifikasi Sumber Informasi.
B.     Bagian Dokumentasi Portofolio: Bagian Tiga
Masukkan bahan-bahan yang merupakan informasi terbaik yang telah dikumpulkan dan digunakan baik dalam pengujian dan penilaian kebijakan yang sudah ada maupun alternatif lain yang akan digunakan untuk menangani masalah kajian kelas.
Kelompok Protofolio Empat
Mengembangkan Rencana Kerja
Kelompok ini bertanggung jawab untuk mengembangkan sebuah rencana kerja.  Rencana ini harus mencakup langkah-langkah yang mungkin dapat diambil sebagai cara untuk membuat pemerintah menerima dan melaksanakan kebijakan yang diusulkan.
A.    Bagian Tayangan Portofolio: Bagian Empat
  1. Penjelasan tertulis tentang bagaimana cara kelas mengajak masyarakat baik perorangan maupun kelompok untuk mendukung rencana kerja yang diusulkan.
  2. Penjelasan tertulis tentang bagaimana cara kelas mendapatkan dukungan dari pemerintah atas kebijakan yang diusulkan.
  3. Presentasi grafis rencana kerja.
Penyajian dari berbagai sumber atau yang merupakan hasil karya sendiri.
  1. Identifikasi sumber informasi.
B.     Bagian Dokumentasi Portofolio: Bagian Empat
Masukkan informasi-informasi terbaik yang telah dikumpulkan dan telah digunakan dalam pengembangna rencana kerja dalam tampilan keempat pada map dokumentasi.

Langkah V
Menyajikan Portofolio

Empat tujuan dasar kegiatan presentasi portofolio ini antara lain, untuk:
1.      Memberikan informasi kepada hadirin tentang pentingnya masalah yang diidentifikasi;
2.      Menjelaskan dan memberikan penilaian atas kebijakan alternatif kepada hadirin;
3.      Mendiskusikan dengan hadirin bahwa pilihan kebijakan yang dipilih adalah kebijakan yang “paling baik” untuk menangani permasalahan tersebut;
4.      Menunjukkan bagaimana cara memperoleh dukungan.
A.    Presentasi Awal
  1. Informasi yang disampaikan sesuai dengan yang tercantum pada Bagian Tayangan dan Bagian Dokumentasi;
  2. Gunakan grafis untuk membantu menjelaskan dan menekankan suatu pokok pikiran;
  3. Hanya bahan yang masuk dalam portofolio yang dapat digunakan presentasi lisan.
B.     Forum Tanya-Jawab
Juri akan mengajukan beberapa pertanyaan, kemungkinan akan meminta untuk:
1.      Menjelaskan lebih jauh atau mengklarifikasi pokok-pokok utama yang dikerjakan;
2.      Memberikan contoh yang jelas tentang pokok utama yang diselesaikan;
3.      Mempertahankan beberapa pertanyaan dan/atau langkah yang telah diambil;
4.      Menjawab pertanyaan sehubungan dengan yang dipelajari dan pengalamanmu.
C.     Persiapan Presentasi
Boleh meminta bantuan kepada orang lain yang memiliki pengalaman dalam presentasi.
D.    Panduan
Anggota kelompok ikut serta berpartisipasi pada saat presentasi awal dan tanya jawab.
E.     Kriteria Penilaian
Jika portofolio diikutsertakan dalam kompetisi maka akan dinilai oleh dewan juri.

Langkah VI
Merefleksikan Pengalaman Belajar

Sebagai bahan tambahan, dapat memasukkan Bagian Refleksi atau Evaluasi dalam Map Bagian Dokumentasi setelah menyelesaikan portofolio.
Kesimpulan:
Ketrampilan mempengaruhi pemerintah dalam membuat kebijakan public ini penting sekali karena kemungkinan besar akan menggunakan setelah dewasa. Setiap kebijakan akan memerlukan revisi dan setiap waktu akan bermunculan masalah baru serta memerlukan kebijakan baru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar